Pages

Jumat, 04 Juni 2010

Gairah mengatasi kesulitan

Saat pertama kali melihat rubik's dengan dimensi 3x3x3 tahun lalu,
Saya berpikir "bagaimana mungkin bisa menyatukan warna di setiap sisinya?",
"berapa kemungkinan untuk dapat menyelesaikannya?"
Kemudian saya mencari tutorial - tutorial untuk menyelesaikan puzzle ini.
Akhirnya saya mendapatkannya, dan langsung di praktikkan.
Saat memasuki tahap awal yaitu dengan membuat cross, saya tidak menemukan kesulitan yang berarti.
Begitu juga saat menyelesaikan layer pertama dan kedua.

Namun saat memasuki layer terakhir, saya sempat merasa putus asa karena selalu gagal dalam mengorientasikan warna kuning.
Dengan semangat yang masih membara dan rasa penasaran yang tinggi, saya terus mengotak atiknya.
Akhirnya setelah hampir satu jam saya berhasil melakukannya. Dan mulai memasuki tahap terakhir.
Di tahap paling akhir ini saya tidak menemukan kesulitan yang berarti karena belajar dari kesalahan di tahap yang sebelumnya.
Andai saya langsung menyerah saat mengorientasikan warna kuning, mungkin hingga hari ini saya tidak akan mampu untuk menyelesaikan puzzle ini.
Untungnya ketika saya hampir menyerah ada satu kata yang saya ingat "segalanya pasti bisa diselesaikan dengan logika"
Kemudian saya mengoptimalkan logika saya dan voila, sekarang hanya dengan waktu 20 detik saya bisa menyelesaikan puzzle ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar