Pages

Jumat, 11 November 2011

Konsep Dasar Dan Tools Pendukung Grafik Komputer

Grafik komputer (Inggris: Computer graphics) adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafik komputer adalah grafik komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafik komputer 3D, pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafik komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data.


Kegiatan yang terkait dengan grafik komputer :
• Pemodelan Geometris : menciptakan model matematika dari objek – objek 2D dan 3D
• Rendering : memproduksi citra yang lebih solid dari model yang sudah dibentuk
• Animasi : menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku objek yang bergantung dengan waktu


Kerangka Grafik Komputer Interaktif
• Graphics Library/Package adalah perantara aplikasi dan display hardware
• Application Program memetakan objek aplikasi ke tampilan/citra dengan memanggil graphics library
• Hasil dari interaksi user menghasilkan/memodifikasi citra, dimana citra merupakan hasil akhir dari sintesa, desain, manufaktur, visualisasi, dll.


Dalam desain grafis ada dua macam tipe grafik, yaitu grafik vektor dan grafik bitmap.
- pengertian Grafik Vektor adalah grafik yang berbasis besaran dan arah.Grafik vektor berupa garis dan kurva.
- Pengertian Grafik Bitmap adalah grafik yang memiliki banyak titik atau pixel dengan warna yang menawan.
Pengolahan Citra berkaitan dengan teknik-teknik utuk memodifikasi dna intepretasi citra,meningkatkan kualitas citra, analisis citra, dan dapat mengenali pola-pola visual yang ada dalam suatu citra. Contohnya dalam perbaikan citra sehingga menjadi lebih jelas.

Grafik Komputer
bertujuan menghasilkan citra (lebih tepat disebut grafik atau picture) dengan geometri – geometri primitif seperti garis, lingkaran, dan sebagainya. Geometri – geometri primitif tersebut memerlukan data deskriptif untuk melukis elemen-elemen gambar. Contoh data deskriptif adalah koordinat titik, panjang garis, jari -jari lingkaran, tebal garis, warna, dan sebagainya. Grafik komputer memainkan peranan penting dalam visualisasi dan virtual reality.


Kebanyakan aplikasi-aplikasi grafik komputer melibatkan:
1. Rendering
2. Modeling
3. Animasi-> sekumpulan gambar statis yang digerakan dengan kecepatan tertentu(fps) sehingga menghasilkan gambar yang seolah-olah bergerak
4. Interaksi

Bagian dari grafik komputer meliputi:

-Geometri: mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
-Animasi: mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
-Rendering: mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
-Citra (Imaging): mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.
-Pengolahan Citra

Citra (image) istilah lain untuk gambar, sebagai salah satu komponen multimedia memegang peranan sangat penting sebagai bentuk informasi visual. Citra mempunyai karakteristik yang tidak dimiliki oleh data teks, yaitu citra kaya dengan informasi. Ada sebuah peribahasa yang berbunyi “sebuah gambar
bermakna lebih dari seribu kata” (a picture is more than a thousand words) Maksudnya tentu sebuah gambar dapat memberikan informasi yang lebih banyak daripada informasi tersebut disajikan dalam bentuk kata-kata (tekstual).
Tools Pendukung Grafik Komputer :
1. Aplikasi Pengolah Tata Letak/Layout
• Adobe FrameMaker
• Adobe in Design
• Adobe PageMaker
• Corel Ventura
• Microsoft Publisher
• Quark Express
2. Aplikasi Pengolah Pixel
• Adobe Photoshop
• Corel Photo Paint
• QFX
• Gimp
• Manga Studio
• Wright Image
• Metacreations Painter
3. Aplikasi Pengolah Multimedia
• Macromedia Flash
• Hyper Studio
• Ovation Studio Pro
• Macromedia Director
4. Aplikasi Pengolah Gambar
• QFX
• Pixelmator
• Manga Studio
• Corel Photo Paint
• Adobe Photoshop
• Metacreations Paint
• Microsoft Photo Editor

3 komentar: