Pages

Selasa, 02 April 2013

Komputasi Modern




Komputasi, merupakan istilah yang digunakan sampai saat ini yang berarti perhitungan. Namun pengertian komputasi saat ini bergeser dan merujuk kepada mesin yang melakukan perhitungan.

Komputasi berkembang seiring dengan waktu. Manusia pada awalnya melakukan perhitungan dengan menggunakan batu tulis dan kapur, lalu  berkembang dengan menggunakan tinta dan kertas. Namun lama kelamaan manusia mulai melakukan perhitungan yang kompleks, otak manusia yang memiliki keterbatasan dalam menghitung angka dengan digit yang banyak mulai dibantu dengan alat hitung yang diciptakan manusia seperti sempoa.




Pada akhir abad ke 20, istilah “mesin komputasi” mulai dikenal, hal ini mengacu kepada mesin yang dapat menghitung secara efektif. Mesin komputasi ini pun berevolusi menjadi computer, dan terus berkembang sapai yang kita kenal sekarang.

Saat ini dikenal istilah “komputasi modern”, istilah ini dipopulerkan oleh John Von Neumann. Komputasi modern ini sangat berpengaruh terhadap kemajuan peradaban manusia, perhitungan kompleks bisa dilakukan dengan singkat. Komputasi modern biasanya terdiri dari computer yang bersifat sebagai resource dan heterogenous karena terdiri dari berbagai jenis perangkat, aplikasi, dan sistem operasi.

Perangkat – perangkat ini biasanya terhubung ke dalam jaringan yang luas.

Salah satu teknik dari komputasi modern adalah grid computing, teknik ini memanfaatkan berbagai unit komputer untuk melakukan suatu pekerjaan. Dimana terdapat satu komputer utama sebagai pengontrol, lalu bagian pemrosesan dipecah ke berbagai komputer yang terhubung dengan komputer utama. Proses ini dikerjakan secara mandiri oleh masing – masing komputer, lalu hasil proses ini dikirmkan kembali ke komputer utama untuk dijadikan sebagai satu output.

Teknik ini sangat efektif karena menggunakan semua sumber daya yang tersedia dan sangat menghemat waktu pekerjaan.

Kecepatan komputasi saat ini pun sudah berkembang sanget pesat, persaingan antara industri pembuatan gpu berlangsung secara ketat. 

Contohnya adalah prosesor 64bit saja mampu memproses miliaran pekerjaan dalam satu waktu, dan kekuatan prosesor saat ini terus berkembang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar