Pages

Rabu, 06 April 2011

E commerce (Pengalaman Pribadi)

saat ini penggunaan e commerce sudah mulai menjadi gaya hidup, mungkin karena sifatnya yang sangat praktis, dimana kita tidak perlu berjalan untuk membeli suatu barang, untuk membayarnya pun sudah ada internet banking, atau jika mau repot sedikit kita bisa ke atm terdekat dan mentransfer uangnya ke seller tempat kita membeli barang.

Mungkin ada yang belum pernah mencoba kegiatan jual beli secara elektronik ini, kebanyakan orang beralasan karena takut ditipu. Pada awalnya gw juga gitu, takut ditipu, nah gara – gara tertarik dengan kaos yang dipajang di sebuah web gw jadi makin penasaran buat nyobain e commerce ini. Transaksi pertama gw itu sama penjual kaos yang berlokasi di jogja, beruntung gw ketemu dengan seller yang jujur dan memuaskan dalam pelayanannya, karenanya gw mulai tertarik buat nyoba bertransaksi dengan seller – seller lain. Transaksi kedua gw itu sama seorang penjual twisty puzzle, pada transaksi kali ini gw ngerasa takut, bukan karena takut ditipu melainkan takut barang yang gw pesan gak akan sampe karena gw ragu kalo gw nulis alamatnya dengan benar (-____-“), untungnya sih puzzle yang gw pesen sampe 2 hari kemudian setelah transfer duitnya.
Bosen sama seller yang ada di dalem negeri gw mulai nyoba mesen barang dari luar negeri. Pertamanya bingung mau beli apaan, akhirnya karena gw lagi suka – sukanya sama twisty puzzle gw mesen beberapa jenis. Ternyata kalo mesen dari luar negeri itu lama loh nyampenya, orderan pertama gw sampe 2 minggu setelah pemesanan. Ketagihan, gw nyoba pesen lagi, dari web yang berbeda tapi masih di twisty puzzle, dan kali ini sampe hampir 2 bulan, GILA!!!!. Betapa stressnya gw pas nunggu puzzle gw nyampe, mana harganya mahal lagi (buat kantong mahasiswa), sempet mikir gak akan mau lagi mesen dari luar. Tapi untungnya gw masih tetep mau mesen barang dari luar.
Setelah absen cukup lama order barang dari luar, gw mulai tergiur buat mesen barang lagi, kali ini “mangsa”nya ada di jepang. Sebelum order gw nanya – nanya dulu sama temen yang udah pernah transaksi sama webstore yang ada di jepang. Jawaban mereka macem – macem, mulai dari yang nakutin sampe yang ngasih (sedikit) harapan. Ada yang bilang paling cepet tuh nyampe 1 bulan. Ada lagi yang ngomong cuma 2 minggu, tapi barangnya di “perkosa” dulu sebelum sampe rumah dan yang paling parah ada yang barangnya GAK NYAMPE - NYAMPE. Dilema…. Iyalah, siapa yang mau sih buang duitnya untuk hal beresiko kayak gini. Untunglah idol gw ngeluarin photobook yang membuat hati gw tergerak untuk beli photobook nya dia yang hanya dijual di webstore sana. Ngumpulin duit dan keberanian, selesai ngumpulin gw pesen barangnya daannn………6 HARI KEMUDIAN UDAH SAMPE DI RUMAH!!!!!!. Seneng??? Iyalah, wong temen2 gw bilang paling cepet sebulan dan ini gak ada seminggu udah sampe. Ngerasa beruntung gitu, terus gw bujuk temen gw buat order photobook juga (beda idol tapi). Dan dia pesen, gak disangka……BARU 4 HARI UDAH SAMPE RUMAHNYA!!!!. Edan, yang tadinya ngerasa beruntung langsung jadi kesel, tapi yaudalah toh ini cuma masalah sepele. Yang penting barangnya sampe rumah dengan selamat.
Jadi intinya, dalam e commerce itu yang paling berperan adalah rasa PERCAYA, duit nomer dua, percuma kalo punya duit tapi gak berani ngelakuinnya. Yaudah sih cuma pengen nulis ini aja (entah nyambung atau nggak).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar