Pages

Selasa, 10 Januari 2012

Cara Mengkonversi dari bitmap (raster) ke vektor dan Sebaliknya

Sebenarnya cukup mudah untuk mengkonversi bitmap ke vektor dan sebaliknya. Bisa menggunakan software ataupun aplikasi web online. Beberapa software untuk editing image seperti Adobe Illustrator, Inkscape, CorelDraw, MagicTracer (Win), RasterVect Software (Win), Scan2CAD raster to vector conversion software (Win), ScanFont (Win), Segmation (Win), Silhouette (Win/Mac), TraceLine (Win), TracTrix (Win), Vector Eye (Win), Vextractor (Win), dan WinTopo (Win).
untuk konversi menggunakan software desktopnya disini Saya akan menggunakan Adobe (Photoshop &Illustrator) sebagai software konversinya.

1. Pertama jalankan Adobe Photoshop, lalu buka gambar yang hendak di konversi.
2. Pada menu adobe Photoshop klik "File"
pada pojok kiri atas, lalu pilih "Export
kemudian "Paths To Illustrator
3. Simpan file Adobe Illustrator file pada tempat folder yang anda inginkan
4. Dan gambar pun berubah dari bitmap menjadi vektor, Anda juga bisa mengganti
warna, memanipulasi titiknya, or whatever you want lah


Atau jika memang agak malas untuk menginstall aplikasi - aplikasi tersebut kita bisa menggunakan aplikasi online / yang berbasis web seperti VectorMagic, AutoTracer dan AutoTrace. Menggunakan aplikasi - aplikasi online ini cukup mudah, Anda cukup meng-upload file yang ingin di convert ke aplikasi ini.

Kesimpulan,yah kesimpulan yang saya dapatkan dari mata kuliah ini sih, menggunakan blender itu lebih mudah dari pada menggunakan 3D max, tapi tergantung biasa memakai yang mana,
bisa jadi bagi sebagian orang, menggunakan 3D max jauh lebih gampang dibandingkan blender,
tapi untuk saya sendiri, baik 3D max maupun blender itu sangat sulit karena dari awal saya tidak memiliki minat di bidang 3D desain. Saya Lebih suka di 2D. mata kuliah Desain Permodelan Grafik sangat diperlukan karena kita jadi bisa menggunakan dan membuat animasi atau gambar sesuai dengan imajinasi kita. Apalagi ketika sedang berurusan dengan projek, kita tidak akan mimpi buruk, karena memang gabisa tidur jadi apa yang mau dimimpiin :p
muhaehuhahuahehue


sumber : http://safemode.web.id/2012/01/cara-konversi-bitmap-raster-ke-vektor-dan-sebaliknya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar