Pages

Minggu, 15 Januari 2012

Etika Makan Orang Jepang Part I

Setiap Negara pasti punya standar table manner yang beda – beda, kadang bertolak belakang sama Negara lain. Jepang sendiri punya banyak aturan di table manner nya. Buat orang Jepang, makan termasuk dalam sebuah seni yang punya nilai tersendiri.


Kebanyakan orang pengen pergi ke Jepang buat nyicipin beragam jenis kuliner disana yang penampilannya ngundang selera banget. Tapi disisi lain banyak yang gatau gimana etika menyantap makanan yang berlaku disana, padahal hal ini penting banget buat diketahui. Misalnya ngucapin kata “itadakimasu” sebelum menyantap makanan yang artinya “selamat makan”, dan “gochisousama deshita” pas selesai makan, kurang lebih artinya “terimakasih atas hidangannya”. Buat orang Indonesia mungkin hal ini terlihat sepele, tapi baiknya kita ngucapin 2 kata itu kalo lagi makan sama orang Jepang atau pas lagi di Jepang.

Oke, kita lanjut ke beberapa hal mendasar lainnya yang lebih spesifik yang berhubungan sama etika makan di Jepang.

Hashi (Chopstick/Sumpit)
Sebenernya alat makan di Jepang itu gak cuma sumpit doang sih, tapi yang paling sering dipake ya sumpit yang bahasa Jepangnya disebut hashi. Di Jepang, sumpit yang dipake juga macem – macem. Kayak sumpit buat makan, masak, ngambil kue, dkk. Bahan dan jenis sumpit juga macem – macem, disesuaiin sama kegunaannya, mulai dari kayu, bambu, gading, tulang, sampe yang berbahan logam. Kalo buat makan kue biasanya sih yang dipake dari bambu dan kayu. Di restoran – restoran Jepang sumpit yang di sediain biasanya sumpit kayu waribashi, cara gunainnya dengan narik bagian tengah sumpit untuk membagi jadi dua bagian, terdengar familiar kan??, ya karena sumpit jenis ini juga banyak di pake di Indonesia :D. Ada juga sumpit berbahan khusus dan mahal kayak sumpit dari kayu pohon yanagi-bashi (willow) yang cuma dipake saat acara formal atau perayaan matsuri. nih contoh gambar waribashi




Make sumpit juga banyak aturannya. Pertama, sumpit dipegang dengan bagian yang runcing di bawah buat ngambil makanan, sedangkan bagian yang lebar ada di atas. Ada kalanya kita make bagian yang lebar tadi buat ngambil makanan, tapi ini cuma berlaku buat ngambil makanan di piring hidangan bersama kalo gak disediain sumpit buat ngambil hidangan. Sounds weird huh?, buat yang baru tau memang iya, tapi hal ini dimaksudkan supaya bagian sumpit yang masuk mulut dan kena air liur ngga kecampur ke dalam piring hidangan. Oia, pas ngambil makanan di piring hidangan bersama, baiknya makanannya gak diaduk aduk, apalagi cara ngambilnya dengan cara nancepin makanan pake sumpit yang digenggam kayak pas make garpu. Dan yang terpenting tapi bukan yang terakhir, jangan pernah sekali – sekali nancepin sumpit secara vertikal keatas mangkuk berisi nasi. Hal ini dianggap tabu karena mirip dupa yang ditancepin pada kendi dalam upacara pemakaman jepang. Demikian juga halnya dengan mengoper makanan dari sumpit ke sumpit yang dianggap mirip dengan mengoper tulang jenazah pada proses pemakaman.

gak boleh ditancep kayak gini

Sumpit baiknya dipegang dengan jari, bukan menggenggamnya dengan kepalan tangan. Kalo misalnya mau ngambil mangkuk atau apapun, sumpitnya ditaro dulu tepat dihadapan kita. Ngambil mangkuk atau gelas sambil menggenggam sumpit dinilai gak sopan.

Terakhir, keliatannya sepele sih memang, tapi dinilai gak sopan dalam etika makan di Jepang adalah jangan pernah ngisep sumpit, JANGAN PERNAH, seenak apapun makanannya.

Makasih buat yang udah rela ngebuang waktunya cuma buat baca postingan gak guna ini
Sampe ketemu di postingan berikutnya ^^,

1 komentar: