Pages

Sabtu, 06 November 2010

Perkembangan Internet

Pada awalnya jaringan komputer dilakukan pada jaringan yang sangat terbatas yakni dengan menggunakan dua buah komputer. Kemudian berkembang lebih luas pada pada komplek perkantoran, gedung dan sekolah yang dikenal dengan Jaringan Lokal atau Local Area Network. LAN membentuk pola kerja kelompok atau workstation. LAN memungkinkan pengguna komputer dapat melakukan penggunaan bersama-sama dan dapat saling berkomunikasi menggunakan e-mail, forum diskusi dan sebagainya.

Seperti halnya penemuan dan pengembangan telegraf oleh Thomas Alfa Edison, LAN memberikan banyak kemudahan karena seseorang yang ingin mengetahui tentang perdagangan saham tidak perlu kurir yang berlari dari satu kantor ke kantor lainnya untuk menyampaikan info terbarunya. LAN juga menawarkan kemudahan dalam pola pertukaran antara satu computer dengan computer yang lain secara cepat, murah, dan akurat.


Untuk mempermudah dalam pola hubungan antara satu computer dengan computer lainnya, LAN memiliki beberapa pola yang disebut topologi jaringan.

Topologi jaringan dibedakan menjadi dua, yaitu topologi fisik dan topologi logika. Topologi fisik adalah topologi actual dengan kabel-kabel sebagai media jaringan. Topologi fisik yang ada saat ini antara lain : topologi bus, topologi star, topologi ring, topologi hirarki, dan topologi MESH; sedangkan topologi logika jaringan yang menggambarkan proses host-host saling berhubungan antara yang satu dengan yang lain. Tipe topologi logika yaitu topologi broadcast dan Token Passing.

Kemudian perkembangan dan kebutuhan atas informasi dan komunikasi menuntut computer yang digunakan dapat berhubungan secara luas sehingga membentuk Metropolitan Area Network (MAN). Perkembangan kebutuhan yang lebih luas lagi diperlukan jaringan yang lebih luas lagi sehingga ?memaksa? penciptaan Wide Area Network (WAN).

Jaringan WAN dapat mencapai antarpulau, antarnegara, bahkan antarbenua. WAN biasanya menggunakan hardware dan software tertentu sehingga tidak bisa menggunakan sembarang hardware dan software. Jaringan WAN memiliki ciri khusus yaitu kebutuhan hal-hal yang seide, sejenis, dan memiliki sifat khusus.

Jaringan-jaringan yang lebih rumit dikenal dengan nama Interconnection Networking. Jaringan internet merupakan jaringan MESH dalam skala internasional. Computer satu berhubungan dengan semua computer di seluruh dunia yang bersifat global.

Internet sendiri ditemukan pertama kali oleh lembaga ilmu pengetahuan yang bernama CERN. Lalu dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika untuk keperluan militernya. Pada saat itu militer Amerika ingin menjangkau seluruh pasukannya walaupun berada di daerah pelosok. Program internet yang bersifat rahasia dilaksanakan oleh Defence Advance Research Project Agency (DARPA) dengan program Advanced Research Project Agency Network (ARPAnet) yang pada awalnya hanya ada 3 komputer yang saling berhubungan di Utah, Amerika Serikat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar