Pages

Jumat, 19 November 2010

Rubik's History

Rubik’s cube adalah sebuah puzzle mekanis berbentuk kubus yang setiap sisinya memiliki warna yang berbeda. Diciptakan dari tangan seorang profesor arsitektur bernama Ernö Rubik pada tahun 1974. Awalnya puzzle ini bernama büvös cocka atau magic cube dalam bahasa inggris, tetapi pada tahun 1980 namanya diubah menjadi “Rubik’s Cube”. Permainan ini dengan cepat menarik perhatian masyarakat internasional pada awal kemunculannya. Setiap orang ingin memilikinya, baik anak – anak maupun orang dewasa. Yang membuat permainan ini menarik adalah permainan ini terlihat sederhana dan mudah, tapi secara mengejutkan, ternyata permainan ini sulit untuk diselesaikan.


Permainan ini mencapai puncak popularitasnya pada awal tahun 1980an. Bahkan sempat dikatakan bahwa pada masa – masa tersebut rata – rata setiap rumah di Amerika Serikat mempunyai paling tidak satu buah puzzle ini.
Seiring dengan tingginya demam rubik pada saat itu. Satu per satu kompetisi diadakan di berbagai belahan dunia, di antaranya American Rubik’s Cube Championship (November 1981), United Kingdom Rubik’s Cube Championship (Desember 1981), dan Dutch National Rubik’s Cube Championship (April 1982). Puncaknya adalah diadakannya World Championship pertama yang diselenggarakan di Budapest, dimana orang – orang dari berbagai Negara dipertemukan oleh rubik’s cube. Kejuaraan ini dimenangkan oleh seorang pelajar Vietnam yang masih berumur 16 tahun, berasal dari Los Angeles, Minh Thai dengan waktu 22,95 detik.
Permainan ini sempat kehilangan popularitasnya di awal tahun 1990an. Orang – orang sudah mencapai titik jenuhnya saat mencoba menyelesaikan puzzle ini. Ditambah kemunculan video game yang terlihat lebih menarik dan mengasyikkan. Namun beberapa tahun belakangan, minat orang – orang terhadap puzzle ini kembali tumbuh, bahkan lebih besar dari tahun – tahun awal kemunculannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar