Pages

Kamis, 25 November 2010

Tanggapan Tugas Translate

Banyak aspek kehidupan manusia yang berubah sejak kemunculan new media. Yang mana manusia menjadi manja terhadap kemudahan akibat dari perkembangan teknologi yang begitu cepat.
Bahkan manusia berangan – angan untuk menciptakan mesin ultra cerdas yang dapat membuat penemuan – penemuan yang memudahkan kehidupan manusia, itu karena manusia mungkin sudah merasa malas membuat penemuan lagi sehingga menyerahkan anugerah yang telah diberikan tuhan kepada mesin. Jika mesin ultra cerdas itu menjadi kenyataan, maka mesin ini adalah bukti pertama dan terakhir bahwa manusia pernah membuat sebuah penemuan.

Contoh lain dari kemanjaan manusia terhadap teknologi yaitu manusia berusaha membuat program penerjemah berbagai bahasa. Mereka berusaha mengembangkan program ini untuk menjadi sempurna, sesempurna manusia, tanpa mereka ketahui bahwa program penerjemah terbaik adalah diri kita sendiri. Sesempurna apapun programnya, program tetaplah program yang terpaku kepada kode – kode yang telah dituliskan kedalamnya, program tidak dapat mengembangkan pikirannya sendiri. Program masih tidak bisa mengenali makna ambiguitas, padahal anak kecil pun mampu membedakannya. Jika diadakan pertandingan untuk mencari makna ambiguitas, bisa dipastikan program tersebut akan kalah telak.
Jadi bisa disimpulkan bahwa, sesempurna apapun mesin ataupun program computer, manusia tetaplah yang paling sempurna. Karena manusia memiliki sesuatu yang disebut perasaan yang mana hal ini tidak dimiliki oleh program atau mesin yang paling canggih sekalipun.

1 komentar: